Kesiapan Pengamanan Pemilu, Polres Brebes Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

Humas135 Dilihat

 

SINARMETRO.COM |Kab Brebes – Polres Brebes Polda Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral (Rakorlinsek) persiapan penyelenggaraan dan pengamanan tahapan Pemilu 2024, untuk pastikan pemilu aman dan damai di wilayah Kabupaten Brebes, Jumat (13/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Rupatama Tantya Sudhirajati tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq yang dihadiri sejumlah jajaran Forkopimda serta Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan tamu undangan lainya.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhammad Tariq mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi dan komitmen untuk suksesnya tahapan Pemilu tahun 2024 mulai dari penyelenggara, pengawasan serta pengamanan selama jalanya proses pesta Demokrasi untuk mewujudkan kondusifitas di wilayah Kabupaten Brebes.

Baca Juga  Pensiun Dari Polri, 11 Peronel Polres Brebes Jalani Wisuda Purna Bhakti

“Diperlukan kerjasama yang baik dimana KPU selaku penyelenggara pemilu, Polri, TNI dan Linmas selaku pengamanan, Partai Politik selaku peserta Pemilu dan Bawaslu selaku pengawas dan penegakan hukum sebagai upaya dalam menjaga keamanan dan kondusifitas Kabupaten Brebes selama jalanya proses pesta demokrasi tersebut,” kata AKBP Guntur.

Disebutkan Kapolres bahwa, dalam keberhasilan pengamanan pemilu tahun 2023-2024 terdapat 5 pilar sukses pemilu, diantaranya regulasi yang jelas, logistik tepat waktu dengan pemanfaatan produk dalam negeri, penyelenggaraan yang profesional, berintegritas dan netral, peserta pemilu yang kompeten dan pemilih yang berpendidikan.

Baca Juga  Danrem Wijayakusuma Kunjungi Prajurit Brebes

“Maka dari itu, jika pemilu gagal akan terjadi perpecahan yang berpotensi horizontal konflik menyebabkan berkepanjangan, tetapi jika pemilu berhasil negara lain akan percaya kepada indonesia dan mendorong investasi masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Kapolres Brebes juga menyampaikan adanya potensi kerawanan yang harus antisipasi. Yaitu gangguan terhadap peserta, pendaftaran penyelenggara, distribusi logistik, pelaksanaan kampanye pemilu pileg dan pilpres tahun 2024 dan gangguan pada saat masa tenang, pemungutan suara, perhitungan suara, penetapan pemenang dan pelantikan pemilu pileg dan pilpres tahun 2024.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya sangat berharap kepada semua untuk bersinergi dengan stakeholder terkait untuk menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada.

Baca Juga  Sekda Brebes: Jangan Khawatir Jadi Nasabah Bank BKK

“Kolaborasi dengan strategi integritas-sinergitas antara forkompimda dengan penyelenggara pemilu untuk terwujudnya pemilu 2024 berkualitas dengan hasil diharapkan pemimpin terpilih mampu memimpin indonesia guna mewujudkan visi indonesia emas 2045,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, hadir jajaran Forkopimda antara lain PJ Bupati Brebes Urip Sihabudin, Dandim 0713 Brebes Letkol Inf Tentrem Basuki, Ketua KPU, Ketua Bawaslu serta Kepala OPD dan sejumlah tamu undangan dari dinas instansi terkait.
(Hms/Arm).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *