Cegah Bencana, Kodim 0713 Brebes Tanam Ratusan Pohon di Gunung Slamet

Daerah220 Dilihat

SINARMETRO.COM |  Kab Brebes – Kodim 0713 Brebes melakukan karya bakti dengan menanam 500 bibit pohon di kawasan Gunung Slamet, Desa Plompong, Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah. Kamis (04/01/2024).

Penanaman dimaksudkan untuk mencegah bencana alam penanaman pohon juga untuk memperkuat resapan air di kawasan mata air yang dimanfaatkan oleh ribuan kepala keluarga.

Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mengatakan bahwa, jenis pohon yang ditanam, yakni Pohon Suren dan buah-buahan. pohon-pohon yang ditanam ini memiliki karakter yang tahan terhadap cuaca ekstrim, sehingga potensi bencana alam yang berasal dari kawasan gunung bisa dicegah.

Baca Juga  Dua WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Terima SK Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

Kegiatan karya bakti ini sesuai dengan perintah Kepala Staf Angkatan Darat yang bertujuan untuk mencegah bencana dampak musim hujan seperti longsor, banjir dan beberapa penyakit menular.

“Total pohon yang kita tanam 500 pohon suren, yang mempunyai karakteristik tahan terhadap cuaca ekstrim khususnya di lereng pegunungan mempunyai akar yang kuat untuk menahan erosi banjir, maupun tanah longsor sehingga apa yang kita tanam ini tepat sasaran, tepat guna.” Katanya

Sementara, menurut Yanto Kepala Desa Plompong mengungkapkan, Penanaman ratusan pohon baru di kawasan Gunung Slamet juga dimaksudkan untuk menambah titik-titik resapan air di sekitar sumber mata air yang ada di kawasan gunung Slamet.

Baca Juga  Kapolres Kubu Raya Terima Audiensi Danyon Resimen Mahasiswa IAIN Pontianak

“Dengan adanya penanaman pohon harapan saya untuk menambah kebutuhan debit air semakin menambah dengan adanya pohon-pohon ini nanti ada kandungan-kandungan air yang menambah debit air dari pohon itu sendiri.” Ungkap Yanto.

Selain penanaman pohon, Dandim Brebes melalui 3 Koramil yaitu Koramil 10 Sirampog, Koramil 08 Bumiayu dan Koramil 11 Paguyangan serta Asper KBPH Pekalongan Barat dan juga Masyarakat Desa Plompong melakukan patroli menggunakan sepeda motor trail di lokasi yang sebelumnya sudah ditanami pohon, patroli ini untuk melihat kondisi pertumbuhan pohon.

Baca Juga  Kontroversi Pembabatan 5.100 Batang Pohon Pisang, Diduga Dampak Proyek Jalan Sungai Kakap-Tanjung Intan

Sementara .Asper BKPH Paguyangan Sutarno mengatakan “Saat ini kita laksanakan gerakan penghijauan di bukit Plompong di lahan petak 24-A perhutani BKPH Sirampog seluas 1,5 hektar, maksud dan tujuannya adalah menghijaukan bumi Indonesia, kami berharap dapat berlanjut di kemudian hari demi kelangsungan hutan Indonesia yang hijau”. ucap Sutarno saat selesai tanam pohon. (Pen0713/Ar).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *