Peduli Lingkungan, Kodim 0712 Tegal Ikut Andil Dalam Gerakan Penghijauan Di Lereng Gunung Slamet

Daerah126 Dilihat

SINARMETRO.COM |  Kab Tegal – Dalam rangka melindungi kelestarian hutan lindung di Lereng Gunung Slamet, Kodim 0712/Tegal bekerjasama dengan KPH Pekalongan, BPBD Kab. Tegal dan sejumlah relawan dan aliansi masyarakat melaksanakan Gerakan Penanaman 15.000 pohon Kopi di Petak 48 RPH (Guci) Dk. Sawangan Ds. Sigedong Kec.Bumijawa  Kab. Tegal. Rabu (6/12/2023)
Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Inf Suratman mengungkapkan, hari ini kegiatan pencanangan. Di akhir tahun 2023 ini, dilakukan penanaman pohon pada 10 hektar.

Dan nantinya dalam waktu dekat ini juga dilanjutkan lagi penanaman pohon sampai hutan lindung benar benar hijau kembali.

“Jadi tidak hanya 48 hektar saja. Nanti kita akan mengidentifikasi lagi, seberapa hutan lindung yang terbuka dan nanti itu rencana yang akan ditanami.” katanya.

Menurutnya, semua ini supaya hijau kembali. Fungsinya sebagai hutan lindung, penyangga kehidupan, penyangga air dan mencegah terjadinya bencana alam, bukan sebagai lahan yang dijadikan pertanian oleh masyarakat, ucapnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Kab. Tegal, Ibu Elliya Hidayah , S.IP.,M.M M.I, mengatakan, dalam rangka Gerakan Penanaman 15.000 pohon kopi di Petak 48 RPH (Guci) Dk. Sawangan Ds.Sigedong Kec.Bumijawa  Kab. Tegal, Mohon kerjasamanya dalam pelaksanaan penghijauan ini, saya titipkan pada bapak bapak warga sawangan yang nantinya agar dirawat, karena tanpa dukungan bapak-bapak semua mustahil apa yang akan kita tanam nanti bisa sesuai yang kita harapkan.

Baca Juga  Cegah Kesimpangsiuran Informasi, Sekjen FBB Sarankan Perlu memberi Tanda atau Logo Khusus

kegiatan kita pada hari ini adalah suatu bentuk ibadah yang tentunya sangat bermanfaat kedepannya, dengan kita penghijauan hari ini akan mencegah terjadinya erosi maupun banjir, yang mana kondisi hutan lindung tepatnya di petak 48 RPH(Guci) sangat memperihatinkan, katanya.

“Mari kita bahu membahu mulai hari ini untuk menanam dan menanam untuk menjadikan hutan lindung ini banyak manfaatnya”, pungkasnya.

Baca Juga  Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Narkotika Kelas II A Rutin Giat Razia Kamar WBP

Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0712/ Tegal, Letkol Inf. Suratman, S.I.P, M.I.P. beserta ibu, ADM KPH.Pekalongan barat Haris Setiana, Kepala Pelaksana BPBD Kab. Tegal, Ibu Elliya Hidayah, S.IP.,M.M, Kasi DLH KWB Tegal Aminudin St, Forkopincam Kec.Bumijawa, Kades terpilih Ds.Sigedong, H.Maftuhin, Aliansi Masyarakat Sadar Bencana Peduli Hutan Lindung, Komunitas Pendaki Gn. Slamet Base camp Kompak dan Permadi, Relawan BPBD dan SAR Kab.Tegal, Toda dan Tomas Desa Sigedong dan Warga masyarakat sekitar. (pendimtegal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *