Musrenbangdes 2023: Desa Tanjung Saleh Menuju Peningkatan Kesejahteraan dan Pembangunan yang Berkelanjutan

Daerah572 Dilihat

 

SINARMETRO.COM | Kubu Raya – Pemerintah Desa Tanjung Saleh,Kecamatan Sungai Kakap Provinsi Kalimantan Barat bersama dengan berbagai unsur masyarakat serta pejabat terkait,menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes)pada hari Jum’at, 23 September 2023.

Acara ini merupakan kelanjutan dari Musdes yang telah digelar beberapa waktu lalu,dan hari ini Pemerintah Desa Tanjung Saleh kembali menggelar Musrenbangdes untuk merencanakan kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Tanjung Saleh tahun anggaran 2024.serta penyusunan Dokumen Usulan DURKP Tahun 2025 dengan tema “Meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dan mempercepat Pembangunan.”

Musrenbangdes ini berlangsung di gedung balai pertemuan Desa Tanjung Saleh yang dihadiri oleh Camat Sungai Kakap,Danramil, Kapolsek,BPD,Kepala Desa beserta perangkatnya,serta wakil-wakil dari tingkat RT,RW,dan Dusun.Tokoh agama,tokoh masyarakat,dan tokoh pemuda juga turut hadir dalam acara ini.

Kepala Desa Tanjung Saleh,Syarif Muksin,menjadi salah satu penggerak utama dalam Musrenbangdes ini,menegaskan komitmen mereka untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat proses pembangunan di Desa Tanjung Saleh.Musyawarah ini diharapkan akan menghasilkan rencana kerja yang konkret dan terstruktur guna memajukan Desa Tanjung Saleh ke depan.

Camat Sungai Kakap, Junaidi.S.Sos,mengungkapkan rasa syukur atas pelaksanaan Musrenbangdes di Desa Tanjung Saleh yang berjalan lancar.Seluruh lapisan masyarakat turut hadir dalam Musrembang tersebut.

Junaidi,selaku Pemerintah Kecamatan,mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Desa Tanjung Saleh beserta jajarannya yang telah dengan penuh dedikasi mengorganisir agenda Musrenbangdes ini.”Katanya.

Baca Juga  Giat Rutin Penggeledahan Kamar Blok Hunian WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Pematangsiantar Berlangsung Tertib

Penting untuk diingat Kata Junaidi bahwa Musrenbangdes adalah amanah yang diwajibkan oleh undang-undang bagi setiap desa. Melalui Musdes dan Musrenbangdes,kami telah mendengarkan berbagai usulan masyarakat,baik yang terkait dengan Dana Desa maupun usulan di luar Dana Desa.

Kami sangat mengapresiasi kerjasama yang luar biasa Kepala Desa Tanjung Saleh yang telah berhasil mencari mitra dan trobosan dari luar dan masyarakat dalam menghasilkan usulan-usulan yang signifikan.Ini telah mengakibatkan banyaknya alokasi anggaran yang diberikan di Desa Tanjung Saleh,sebuah prestasi yang patut dicontoh.”Ungkapnya.

Tentu saja,tidak semua desa memiliki kemampuan seperti yang dimiliki oleh kepala desa Tanjung Saleh,dan kami sangat bersyukur atas hal ini.Kepala Desa Tanjung Saleh dan jajarannya bekerja sama dengan baik dalam mengelola usulan-usulan,terutama yang berkaitan dengan dana di luar Dana Desa.”Imbuhnya.

Semoga hasil dari Musrenbangdes ini akan memberikan manfaat besar dan kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat Tanjung Saleh. Terdapat beragam usulan yang telah diajukan untuk tahun 2024 melalui Dana Desa dan DURKP yang diusulkan menggunakan Dana APBD.

Semua usulan ini sudah diajukan kepada TIM yang bersangkutan setelah melalui perbaikan oleh Kepala Desa dan BPD.di serahkan kepada Kami di Pemerintah Kecamatan ini bukan hanya tanggung jawab camat saja tetapi ini juga tanggung jawab pemerintah desa dan kami akan bekerja sama untuk menggiring dan memastikan bahwa usulan ini dapat terealisasi pada tahun 2025.”Tandasnya.

Baca Juga  Hari Bakti PU Ke - 78, di Meriahkan Giat Mancing Babarengan Sadulur Urang Lembur

Terakhir, kami ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada Pemerintah Desa yang telah menjalankan amanah undang-undang desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Semoga kerja sama ini terus berlanjut untuk kesejahteraan masyarakat Tanjung Saleh.”Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Saleh,Syarif Muksin,mengungkapkan rasa syukurnya atas perkembangan pembangunan di desa mereka. Selama periode 2022 hingga 2023, terjadi kemajuan yang signifikan.

Salah satu pencapaian penting adalah pembangunan jalan poros yang telah direalisasikan dengan berhasil.Proyek ini berhasil terealisasi dengan anggaran sebesar tujuh ratus juta rupiah yang diperoleh dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes).

Ini kata Muksin merupakan salah satu bentuk rasa syukur saya karena jalan poros ini sudah lama kami idam idamkan dan sangat penting untuk meningkatkan sarana dan prasarana,khususnya bagi anak-anak sekolah dan pertanian di desa mereka yang setiap hari melewati jalan tersebut.

Selain itu, beberapa program dari pemerintah pusat yang di kawan oleh Bapak Syarif Abdullah, Anggota DPR-RI,seperti program bedah rumah dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi(P3-TG-AI),juga telah berhasil direalisasikan pada tahun ini.

Pihak desa juga telah melaksanakan sejumlah kegiatan pemberdayaan dan pembinaan untuk mengatasi masalah penurunan tingkat Stunting. Program ini juga melibatkan Badan Muamalat Terpadu(BMT)yang mendapatkan alokasi dana desa

Baca Juga  Sempat Tertutup Longsor, Akses Linggapura-Buniwah Normal Kembali

Selain itu kata Syarif Muksin kami dari pemerintah desa juga menganggarkan dana dari alokasi dana desa untuk beasiswa anak sekolah yang berprestasi di desa kami .”Ujarnya.

Dalam musyawarah desa,mereka memiliki skala prioritas dalam usulan pembangunan,terutama dalam penanganan abrasi dan perbaikan turap di wilayah desa Tanjung Saleh. Mereka berharap agar pemerintah kabupaten, provinsi,dan pusat dapat mendukung pembangunan ini.

Selain pembangunan,di desa Tanjung Saleh juga telah terbentuk “Kampung Baca Tansal”sebagai pusat kegiatan seni dan literasi. Namun,prasarana kampung baca ini masih perlu ditingkatkan.Oleh karena itu,mereka berharap bisa mengajukan usulan kepada pemerintah pusat untuk pembangunan sanggar rumah seni guna meningkatkan kapasitas masyarakat, terutama para ibu-ibu di tim penggerak PKK.”Harapnya.

Tidak hanya itu,sektor nelayan di desa ini juga berharap untuk mendapatkan bantuan sarana dan prasarana,seperti pukat dan Parahu nelayan lengkap dengan mesin serta peralatan nelayan lainnya.Mereka berharap agar anggota DPRD dan Pemerintah Kabupaten dapat mendukung usulan mereka dalam hal ini.
Itulah harapan dari Desa Tanjung Saleh,”Harapan Syarif Muksin,kepala desa Tanjung Saleh untuk masa depan pembangunan dan kemajuan desa mereka.”Pungkasnya.(Tim.Liputan.Is/Defri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *