Jelang Kesiapan Pemilu 2024, Dandim 0613/Ciamis Bekali Ratusan Linmas Dengan Pengetahuan Sispamwil

Daerah213 Dilihat

 

SINARMETRO.COM | Ciamis – Dalam persiapan menghadapi Pemilu 2024, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi,S.I.P, M.I, Pol., memberikan materi Bela Negara dan sistem pengamanan Wilayah kepada anggota Satlinmas.,di Area Bukit Samida Rajadesa Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis, Selasa (14/11/2023)

Materi ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan anggota Satlinmas dalam mengamankan proses demokrasi yang akan datang. Dandim menekankan pentingnya peran Satlinmas dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

Selain itu, Dandim 0613 Ciamis juga memberikan penekanan khusus terkait penanganan konflik sosial. Anggota Satlinmas diarahkan untuk memahami metode penyelesaian konflik secara efektif dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip keadilan. Langkah-langkah preventif dan responsif diimplementasikan guna memastikan keberlanjutan proses pemilu tanpa adanya gangguan yang merugikan.

Baca Juga  Babinsa Koramil Banjarharjo Bantu Evakuasi Penemuan mayat di Areal Perairan Waduk Malahayu

Pentingnya sistem pengamanan wilayah dalam rangka Pemilu 2024 juga menjadi fokus dalam materi tersebut. Dandim 0613 Ciamis menjelaskan strategi pengamanan yang melibatkan kerjasama antara aparat keamanan, Satlinmas, dan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, memastikan partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi tanpa rasa takut atau tekanan.

Lerkol Inf Wahyu AR menekankan bahwa keamanan bukan hanya tanggung jawab aparat keamanan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama. Melalui kerjasama yang baik antara berbagai pihak, diharapkan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan lancar dan demokratis. Ia berharap bahwa setiap warga negara, termasuk anggota Satlinmas, dapat bersatu untuk mewujudkan pesta demokrasi yang bermartabat dan damai.

Baca Juga  Alumni Pondok Modern Gontor Kalbar Gelar Halal Bi Halal Di Qubu Resort

Dalam menghadapi tantangan kompleks yang mungkin muncul selama Pemilu 2024, Dandim 0613 Ciamis menegaskan pentingnya menjaga netralitas dan profesionalitas. Anggota Satlinmas diharapkan dapat bertindak dengan adil tanpa memihak kepada pihak manapun. Dengan demikian, proses demokrasi dapat berlangsung dengan transparan dan meyakinkan bagi seluruh masyarakat. Dandim juga menegaskan bahwa aparat keamanan akan memberikan dukungan penuh kepada anggota Satlinmas dalam menjalankan tugas mereka dengan baik.

Baca Juga  PTPN IV Regional II Gelar Tanam Perdana 1.600 Ha Sawit di Kebun Padang Matinggi

Sebagai langkah terakhir, Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu AR mengajak seluruh anggota Satlinmas dan masyarakat untuk aktif melaporkan setiap potensi pelanggaran atau ancaman terhadap keamanan selama masa pemilihan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Pemilu 2024 dapat berlangsung dalam suasana yang aman, jujur, dan demokratis. Dandim meyakinkan bahwa aparat keamanan siap bekerja sama dengan semua pihak demi keberhasilan dan keamanan proses demokrasi yang akan datang. (Pendim 0613/Ciamis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *