16 Perguruan Silat Bersatu untuk Lestarikan Budaya Kalimantan Barat

Daerah199 Dilihat

SINARMETRO.COM | Kab Kubu Raya – Sebanyak 16 Perguruan Seni Budaya Pencak Silat Kalimantan Barat menggelar acara bersama H.Alifudin SE.MM, Anggota Komisi 9 DPR RI dari fraksi PKS.

Perhelatan ini berlangsung di Jalan Usaha Bersama Parit Wak Lijah Gang Keluarga RT. 05 RW .03 Desa Rengas Kapuas kecamatan sungai kakap kabupaten kubu Raya provinsi Kalimantan Barat (9/2/2024) malam sabtu

Acara ini dihadiri oleh berbagai perguruan seni budaya bela diri tradisional yang bersatu dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni budaya Pencak Silat di Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya H.Alifudin S E. MM Anggota Komisi 9 DPR -RI dari fraksi PKS menegaskan komitmennya terhadap pengembangan seni budaya bela diri tradisional, khususnya Pencak Silat, sebagai bagian integral dari identitas dan kekayaan budaya bangsa.Beliau menyoroti pentingnya mendukung dan mempromosikan warisan budaya ini,”katanya.

Baca Juga  PRNU Debong Kulon Tegal Sambut Hari Santr

Acara ini menjadi momentum untuk mempererat kerjasama antara Perguruan Seni Budaya Pencak Silat dan pemerintah, terutama dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni bela diri dengan nilai historis dan budaya tinggi. Semangat kolaborasi ini diharapkan dapat memajukan Pencak Silat Kalimantan Barat sebagai warisan budaya yang patut dijaga dan dikembangkan bersama-sama,”harapnya.

Muhdar SH, penasehat di Sandur Mekar Sari, turut mengatakan acara yang didampingi oleh Muhammad Yasin, Ketua Sandur Mekar Sari.Muhdar SH, penasehat di Sandur Mekar Saridi dampingi, Muhammad Yasin ketua Sandur Mekar Sari menegaskan tujuan kegiatan malam ini. “Kita hadir untuk merajut silaturahim antara Perguruan Silat di Kalimantan Barat, sebagai upaya bersama dalam melestarikan kekayaan budaya kita.Pencak Silat bukan hanya seni bela diri, tetapi sekaligus identitas yang harus kita rawat bersama.”Katanya.

Baca Juga  Musrenbangdes 2023: Desa Tanjung Saleh Menuju Peningkatan Kesejahteraan dan Pembangunan yang Berkelanjutan

Malam ini, ada 16 Perguruan bersatu di Sandur Mekar Sari, dipimpin oleh Muhammad Yasin. Bapak H.Alifudin SE. MM, anggota Komisi IX DPRI fraksi PKS, turut memfasilitasi acara dengan memberikan alat-alat Sandur Mekar Sari. Tujuannya jelas, untuk menjaga kelestarian Pencak Silat di Kalimantan Barat.”Terangnya.

Lebih lanjut Muhdar SH Penasehat Sandur Mekar Sari
berharap agar semangat eksistensi tetap menyala. “Setahun sekali, kita berharap dapat menggelar persatuan Pencak Silat di Kalimantan Barat. Bapak Alifudin diharapkan menjadi fasilitator yang mengatasi kekurangan di setiap Perguruan, termasuk memberikan matras kepada pelatih yang belum memiliki.”harapnya.

Masih kata Muhdar SH menyoroti peran penting dialog dengan pihak berwenang. “Dalam dialog dengan Bapak Alifudin, harapannya tidak hanya matras,tetapi juga fasilitasi untuk perlengkapan lainnya seperti baju. Semua ini agar pelatihan dapat berlangsung optimal.”tandasnya

Baca Juga  Mendapatkan Apresiasi dan Ucapan Terimakasih dari Pembalap Asia Pacific Rally Championship 2023, Ini Kata Kapolres..

Dengan harapan tinggi, Muhdar SH menyampaikan keinginan agar Bapak H. Alifudin SE. MM dapat kembali duduk di Komisi IX DPRI fraksi PKS pada tahun 2024. “Ini adalah langkah penting untuk kelanjutan dukungan terhadap Pencak Silat di Kalimantan Barat.”Terangnya.

Alhamdulillah Acara ini mendapat dukungan cuaca yang mendukung, dan diakhiri dengan kebersamaan antarperguruan dari berbagai etnis. Semoga semangat ini tetap utuh dan tidak mudah terpecah belah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Alhamdulillah, malam ini sukses menjadi langkah awal dalam melestarikan warisan budaya Kalimantan Barat.”Pungkasnya.(Tim.liputan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *