Pelayanan KB TMMD Reguler Brebes Berhasil Jaring Puluhan Akseptor

Daerah192 Dilihat

 

SINARMETRO.COM | Kab Brebes – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes memberikan pelayanan KB kepada ibu-ibu Desa Kaliloka, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes di Polindes desa setempat. Rabu (4/10/2023).

Disampaikan Saefudin, PLKB Kecamatan Sirampog, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pelayanan di non fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes.

Baca Juga  Keluarga Manager PTPN IV Regional II Kebun BP Mandoge Menjadi Vendor?, Manager; "Itu Informasi Hoax.."

“Pelayanan KB yang dikemas dalam kegiatan non fisik TMMD Reguler 118 Kodim 0713 Brebes ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas KB dan membantu masyarakat dalam mendekatkan akses ke pelayanan KB,” bebernya.

Lanjutnya, dalam pelayanan itu berhasil menjaring 20 orang akseptor KB, dimana 15 akseptor IUD dan 5 orang implant.

Sesuai Peraturan Presiden No.72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan prevalensi stunting, Presiden RI telah mentargetkan angka stunting di tahun 2024 mendatang turun menjadi 14%, dan upaya penurunan stunting nasional itu dimulai dari pedesaan.

Baca Juga  Anggota DPRD Provinsi dari Fraksi Partai Golkar M. Nurdin Responsif Terhadap Keluhan Masyarakat

“Pencapaian program penurunan stunting sangat ditentukan oleh kesertaan masyarakat dalam ber KB, terutama dalam hal ini Pasangan Usia Subur (PUS),” sambungnya.

Masih kata Saefudin, penggunaan alat kontrasepsi mampu mencegah kejadian stunting karena ibu akan mempunyai banyak waktu, energi, dan sumber daya untuk menyusui bayi yang dilahirkan dan bisa fokus terhadap pengasuhan anak pada periode 1000 HPK.

Baca Juga  Dandim Brebes: Rehabilitasi Hutan dengan ‘Tangan Tuhan

“Kehamilan yang direncanakan dapat meningkatkan kualitas praktik menyusui dan mengarah pada perbaikan nutrisi anak,” tandasnya.
(Aan/Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *