Musrenbangdes Desa Punggur Kapuas Rencana Pembangunan Tahun 2024 Perlu Dukungan Anggota Dewan

Daerah408 Dilihat
SINARMETRO.COM |Kab Kubu Raya -Desa Punggur Kapuas, yang terletak di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya,telah sukses menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes). Acara yang digelar di aula Kantor Desa Punggur Kapuas Kamis (14/9/2023)ini.
merupakan langkah penting dalam menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP DES) tahun 2024 dan menyusun Dokumen Usulan RKP (DU RKP) tahun 2025.
Pertemuan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting,termasuk Camat Sungai Kakap,Kepala Puskesmas Punggur,Kepala Desa Punggur Kapuas,Kepala Sekolah dan anggota Badan Pemasyarakatan Desa (BPD),Pendamping desa serta perwakilan dari Dusun, RT,RW,tokoh agama, tokoh pemuda,dan tamu undangan.
Kepala Desa Punggur Kapuas, Anwar,memberikan gambaran tantangan besar yang dihadapi desa ini,terutama terkait infrastruktur penting seperti tanggul penahan banjir dan pintu air yang banyak yang rusak.Dia menyoroti pentingnya menjaga keselamatan warga,mengingat desa ini terletak di daerah pesisir yang dikelilingi oleh sungai.
Lebih lanjut Anuar,kepala desa Punggur Kapuas,menjelaskan, “Hari ini kita telah melaksanakan Musrembangdes desa Punggur Kapuas.Ada beberapa yang kita usulkan untuk di Tahuna 2024 nanti. Namun, dari sekian banyak usulan yang telah kita rangkum di penyusunan RKP,”Katanya.
Jadi,yang telah kami rangkum semuanya,itu memang ada beberapa yang kita prioritaskan. Pertama,tanggul penahan banjir. Berikutnya, yang kita perlukan itu perbaikan perbaikan Pitu air penahan banjir yang ada di desa Punggur Kapuas.”Terangnya.
Karena antara tanggul penahan banjir serta perbaikan pintu air yang ada, itu merupakan urat nadi perekonomian warga desa Punggur Kapuas. Kita menyadari bahwa desa Punggur Kapuas letaknya di pesisir.”Di kunjungi oleh sungai-sungai yang memang saat ini sangat kita butuhkan kedepannya untuk tanggul penahan banjir serta perbaikan pintu air yang ada.”Harapnya.
Untuk itu,berikutnya kita juga mengucapkan terimakasih kepada beberapa anggota Dewan yang memang telah membantu kita. Walaupun belum sepenuhnya dibantu,setidaknya satu dusun yang memang sudah dibantu dengan tanggul penahan banjir.Mereka yang mengawal pekerjaan-pekerjaan tersebut.”Tandasnya.
Walaupun itu semua dari dana alokasi khusus DAK,termasuk dari kawan-kawan beliau.Termasuk kemarin,tanggul yang putus, kemarin juga ada yang dibantu oleh Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Bapa Arief Rinaldi dari fraksi partai Golkar.Yang memang beliau tergugah untuk membantu desa Punggur Kapuas untuk tanggul penahan banjir.”Paparnya.
Selain itu,ada beberapa dewan juga saya sampaikan yang banyak membantu pembangunan di desa Punggur Kapuas.Salah satunya Bapak Ir.Usman,wakil anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya dari partai Demokrat,dan Bapak Zulkarnaen.SP,anggota DPRD Kubu Raya dari Partai (PDIP) Bapak Dr. Ardiansyah,SH,MH,Anggota DPRD Ketua Fraksi PAN Provinsi Kalbar. Dia juga ikut terlibat membantu pembangunan desa Punggur Kapuas untuk memajukan desa Punggur Kapuas ini.”Bebernya.
Nah,kalau dari anggota DPR-RI pusat, ada juga beberapa anggota dewan yang sudah berkecimpung membantu desa Punggur Kapuas, terutama untuk perumahan masyarakatnya.Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Program P3A itu salah satunya dari Bapak Syarif Abdullah Alqadri, wakil komisi V DPR-RI. Bapak Boyman Harun, Anggota Komisi V DPR RI dari fraksi partai PAN. Nah, ada juga salah satu anggota DPR-RI yaitu Ibu MARIA LESTARI, S.Pd., Anggota DPR-RI Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, pernah juga membantu desa Punggur Kapuas bibit kelapa.”Jelasnya.
Nah,tadi ini bibit kelapanya untuk kedepannya ini super juga untuk menambah penghasilan ekonomi desa Punggur Kapuas harapan kedepannya seperti tadi yang telah saya sampaikan di dalam Musrembang sudah saya sampaikan setidaknya warga desa Punggur Kapuas pandai-pandai berterimakasih kepada mereka.
Kedepannya kita berharap ada lagi Bantuan-bantuan yang memang kita prioritaskan untuk program pembangunan di desa Punggur Kapuas ini bisa di-backup oleh Bapak-bapak Anggota dewan baik dari Kabupaten, Provinsi, maupun RI da dari Dinas Instansi terkait. “Harapnya.
Sementara Camat Sungai Kakap, Junaidi S.Sos,dia mengatakan, ‘Alhamdulillah desa Punggur Kapuas telah selesai melaksanakan Musrembangdes. Ada beberapa item yang diusulkan dalam kegiatan Musrembang tahun ini. Alhamdulillah,unsur-unsur masyarakat yang ada datang hari dari RT,RW,Pak Kadus,perangkat desa,BPD juga hadir Tentunya menarik ada beberapa usulan-usulan yang disampaikan, kadang-kadang usulan-usulan yang menyusul dalam usulan tetapi bisa muncul.”Katanya.
Ini yang perlu kita luruskan, kita betulkan agar supaya kegiatan Musrembang ini bisa terlaksana dengan baik. Ada beberapa saran yang disampaikan oleh terkait usulan yang tidak muncul dalam usulan tapi bisa muncul tiba-tiba di permintaan. Supaya perangkat desa dengan jajarannya, saya minta agar kegiatan yang masuk di desa harus lapor ke pemerintah desa. “Tegasnya.
Yang kedua,setiap kegiatan harus ada papan plang pelaksanaan kegiatan sehingga tidak menimbulkan tanda tanya ini kegiatan dari mana yang masuk ke desa.
Itu langkah-langkah yang harus kita buat, kita sampaikan di saat musrembang sehingga dengan langkah-langkah itu tadi persoalan-persoalan yang muncul dengan datangnya program yang masuk bisa teratasi. Kalau tidak, begitu banyak pertanyaan-pertanyaan yang muncul nanti.”Ujarnya.
Dengan adanya laporan yang disampaikan ke desa, sehingga terkontrol lah koordinasi dengan baik semua kegiatan yang masuk. Barang kali itu yang dapat saya sampaikan, terimakasih banyak pak RT, pak RW,pak kadus, perangkat desa semua yang ada di desa Punggur Kapuas, termasuk juga ketua BPD, kepala Puskesmas yang hadir. Sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.”Pungkasnya.(Tim.Liputan.Is/Defri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *