MTQ Ke-XII Tingkat Desa Punggur Kecil Resmi Ditutup, Kades Beri Motivasi Pada Peserta

Daerah138 Dilihat

 

SINARMETRO.COM | Kubu Raya- Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) yang ke-XII tahun 2023 tingkat Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kalap, Kabupaten Kubu Raya resmi ditutup
Kepala DPMD Kabupaten Kubu Raya H.Zakariansyah,Kamis (25/10/2023)Malam.

Kegiatan yang berlangsung di halaman balai Niaga munzalan mubakaran,dusun anggrek desa setempat dilaksanakan selama 6 hari.Hadir dalam acara penutupan,Ketua LPTQ Kabupaten Kubu Raya H. Zakariansyah dan juga beliau Kepala DPMD Kabupaten Kubu Raya.Camat Sungai Kakap Junaidi.S.Sos.Camat Sungai Ambawang Satuki.Anggota DPRD Kabu Paten Kubu Raya Utin Nurvita
Calon Anggota DPRD Kubu Raya Bahtiar dan Hermansyah serta Calon Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat Drs.H.Syamsir Ismail.MM.Kades Punggur Kecil Sekertaris Desa Punggur Kecil,Ketua BPD dan Anggota serta undangan lainnya.

Ketua panitia MTQ.Ke.12.Burhanuddin dalam laporannya mengatakan, anggaran pelaksanaan MTQ tingkat desa ini bersumber dari ADD 2023 sejumlah 20 juta serta dari para donatur.

Anggaran tersebut digunakan untuk pelaksanaan kegiatan mulai dari pembangunan sarana arena MTQ, biaya konsumsi dan hadiah bagi para juara di setiap bidang yang dilombakan,”jelasnya.

Burhanudin menambahkan, secara umum pelaksanaan MTQ mulai dari pembukaan hingga penutupan berjalan dengan lancar tidak ada kendala yang begitu berarti yang dihadapi oleh panitia selama pelaksanaan,semuanya berjalan lancar dan baik sesuai rencana.

Baca Juga  Polres Batang Laksanakan Aksi Nyata: Tanam 1000 Bibit Mangrove di Pantai

Untuk itu Dirinya menyampaikan, ucapan terima kasih kepada pemerintah desa dan pihak-pihak terkait lainnya yang ikut membantu pelaksanaan MTQ mulai dari pembukaan hingga penutupan.

Alhamdulillah kegiatan MTQ ini bisa berjalan dengan baik dan lancar itu semua tidak terlepas dari dukungan semua pihak lebih khusus Pemerintah Desa,”ucapnya.

Sementara itu Kepala Desa Punggur Kecil Adi Kusuma Jaya dalam menyampaikan,ucapan terima kasih dan rasa syukur karena panitia telah sukses melaksanakan kegiatan MTQ ke-12.

Alhamdulillah,MTQ ini bisa berjalan dengan baik tidak terlepas dari kerja keras yang dilakukan oleh panitia mulai dari persiapan,pembukaan hingga penutupan yang dilakukan malam ini.Terima kasih atas dedikasinya semoga apa yang kita kerjakan bernilai ibadah,”Ucap Kades.

Selain itu,Kades juga memberikan motivasi kepada para peserta yang mengikuti berbagai mata lomba dalam kegiatan tersebut,mulai dari peserta tingkat anak-anak,remaja hingga dewasa.

Kepada para peserta yang meraih juara dalam berbagai mata lomba agar terus meningkatkan dan mengasah kemampuannya untuk menghadapi MTQ di tingkat kecamatan dan bagi peserta yang belum meraih juara agar jangan berkecil hati teruslah berlatih dan meningkatkan potensi diri untuk meraih juara di kemudian hari,” katanya.

Baca Juga  Ketum Presidium BPP-KTT Nurdin HM Satibi Hadiri Program Pengajian Keliling

Menurut Kades,MTQ adalah program nasional yang bertujuan untuk memelihara, mengembangkan,atau meningkatkan pengetahuan, pemahaman,penghayatan, pengamalan,dan penyebarluasan alquran dan al hadits serta menjadikan alquran dan al hadits sebagai spirit pembangunan nasional berdasarkan pendekatan agama.

Untuk itu saya kata Adi Kusuma Jaya berharap,pada lomba MTQ tingkat kecamatan nanti para peserta dari desa Punggur Kecil dapat menunjukan kemampuan terbaik,”Harapnya.

Masih.Adi Kusuma Jaya,dengan penuh rasa syukur mengumumkan penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat desa yang ke-12. Kegiatan ini berlangsung dengan sukses selama enam hari, dan merupakan acara rutin tahunan yang bergiliran antar-dusun. Pada tahun ini,acaranya berlokasi di dusun Anggrek,dengan rencana pelaksanaan di dusun Cempaka Putih pada tahun 2024.”Jelasnya.

Total peserta mencapai 234 orang dari 16 cabang yang berkompetisi, termasuk anak-anak,remaja, dewasa, serta kategori hapalan surat pendek dan satu juz. Cabang seperti Tartil anak-anak,tilawah remaja,dan tilawah dewasa turut menjadi bagian dari perlombaan, yang juga mencakup cabang Ito bah dan fahmil Qur’an.

Baca Juga  Kapolsek Sungai Kakap Mendukung Musrenbangdes Desa Pal 9 untuk Pembangunan yang Lebih Bai

Tujuan dari kegiatan ini adalah mendorong semangat masyarakat Desa Punggur untuk mendidik anak-anak dalam Al-Qur’an. Diharapkan bahwa Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini dapat menghasilkan bibit-bibit Kori dan Qariah yang dapat bersaing hingga tingkat nasional.”Pungkasnya.

Camat Sungai Kakap,Junaidi S.Sos, memberikan selamat atas kesuksesan acara ini,mengakui kerja sama yang luar biasa antara pemerintah kecamatan,kepala desa,dan masyarakat.”Katanya.

Ia menekankan pentingnya kebersamaan dan kerjasama dalam menjalankan acara ini dan percaya bahwa kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini akan terus berlanjut dengan sukses di masa depan.”Ujarnya.

Junaidi juga mencatat bahwa generasi muda yang berpartisipasi dalam Musabaqoh Tilawatil Qur’an ini adalah calon penerus yang andal dan memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual yang seimbang, sesuatu yang sangat diperlukan dalam membangun generasi yang mencintai Al-Qur’an dan agamanya.”Terangnya.

Acara ini juga memberikan berkah dengan permintaan Pak Kades dari desa Punggur Kecil untuk menjadi perancang mimbar utama MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Semoga semangat agama terus berkembang dan memberikan berkah bagi masyarakat Desa Punggur Kecil.Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.(Tim Liputan.Is/Defri

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *