Dankosek I Medan Pimpin Operasi Gaktib dan Yustisi POM TNI TA 2024 Wilayah Sumut

Daerah71 Dilihat

SINARMETRO.COM| Medan – Komandan Kosek I Medan, Marsma TNI Toto Ginanto, ST, MAP, MHan, memimpin pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi POM TNI TA 2024 untuk wilayah Sumatera Utara.

Operasi ditandai dengan apel gelar pasukan Polisi Militer dari tiga angkatan yang dilaksanakan di Lapangan Hijau Makodam Bukit Barisan, Jl Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Jumat (8/3/2024) pagi.

Apel dengan tema “Melalui Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2024, Polisi Militer Siap Meningkatkan Penegakkan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit TNI Guna Mewujudkan TNI PRIMA Menuju Indonesia Maju” ini digelar serentak di seluruh Kotama TNI di Tanah Air.

Baca Juga  Ratusan Karangan Bunga HUT TNI Banjiri Area Makodim Brebes

Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, SE, MSi, dalam amanatnya yang dibacakan Dankosek I Medan menegaskan, operasi ini bertujuan untuk menegakkan hukum dan disiplin seluruh Prajurit dan PNS TNI, termasuk juga untuk peningkatan profesionalitas petugas dan subyek hukum melalui upaya edukasi yang intensif.

Selain itu, esensi dari pelaksanaan operasi ini adalah sebagai lanjutan dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi Prajurit dan PNS TNI.

Karena angka pelanggaran pada Operasi Gaktib Polisi Militer tahun 2023 mengalami sedikit kenaikan 0,76% dari tahun 2022, yaitu dari 1.040 pelanggaran menjadi 1.048.

Baca Juga  Pangulu Baja Dolok Disinyalir Berbuat Asusila dan Bermain Judi, Warga Tuntut Bupati Copot Pangulu

Sedangkan, angka perkara saat Operasi Yustisi Polisi Militer tahun lalu mengalami penurunan cukup signifikan 18,98% dari tahun 2022, yaitu dari 1.101 menjadi 892 perkara.

“Kita semua berharap agar tahun ini seluruh Prajurit dan PNS TNI dapat meningkatkan kedisiplinannya dan lebih sadar hukum, sehingga hal ini akan berimplikasi pada menurunnya angka pelanggaran dan perkara pada Operasi Gaktib dan Operasi Yustisi,” harap Panglima TNI.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI menekankan prioritas pelaksanaan operasi. Yakni meningkatkan kesadaran hukum, disiplin dan tata tertib serta kepatuhan hukum segenap Prajurit TNI, baik dalam kedinasan maupun kehidupan sehari-hari.

Kemudian mencegah arogansi Prajurit TNI yang dapat merendahkan martabat dan citra TNI di masyarakat, dan tercapainya Prajurit TNI yang tangguh guna mendukung pertahanan dan keamanan dalam mewujudkan Indonesia Maju.

Baca Juga  Dandim Brebes Bagikan Mikroba PA63 Garuda 0713 ke Para Petani

Turut hadir dalam apel, antara lain Kapoksahli Pangdam I/BB, Brigjen TNI David Hatigoran Hutagaol, Kaotmilti I Medan, Laksma TNi Effendy Muruapey, Danpomdam I/BB, Kolonel Cpm Uncok AM Simanjuntak, Kabid Propam Poldasu, Kombes Pol Bambang Tertianto, Dansatrol Lantamal I Belawan, Kolonel Laut (P) Sarkolim, Kasat Binmas Polrestabes Medan, AKBP Kamdani serta sejumlah PJU TNI-Polri wilayah Medan lainnya. (*/Jen)

Sumber: Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *