Puskesmas Punggur Gelar Loka Karya Lintas Sektor: Sinergi untuk Menurunkan Angka Stunting

Daerah44 Dilihat

SINARMETRO.COM | Kab Kubu Raya –, Puskesmas Punggur menggelar loka karya lintas sektor bertajuk “Optimalisasi Sinergitas Peran Lintas Sektor dalam Menurunkan Angka Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Punggur”. Acara yang berlangsung di aula Puskesmas Punggur Selasa(4/6/2024) acara ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dan dihadiri oleh berbagai pihak terkait.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Sungai Kakap, Junaidi, S.Sos; Danramil sungai Kakap Kapten Inf Winarko Sungai Kakap; Kapolsek Sungai Kakap, IPDA Freddy SP, S.H., M.H.; Kepala Desa Punggur Kecil, Adi Kusumajaya; bhabinkamtibmas; babinsa; Sekdes Desa Punggur Besar; perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten; ibu-ibu kader Posyandu Lansia dan Balita Desa Punggur; tokoh masyarakat; serta perwakilan warga Desa Punggur Kecil dan Desa Punggur Besar.

Agenda acara dibuka dengan sambutan dari berbagai pihak. Kepala Puskesmas Punggur, Retno Hartono, A. Md. Kep., menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam mengatasi masalah stunting di wilayah kerja Puskesmas Punggur.

“Sinergitas antara pemerintah desa, lembaga kesehatan, dan masyarakat sangat penting untuk mencapai tujuan bersama dalam mengurangi angka stunting. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk mewujudkan lingkungan yang lebih sehat bagi anak-anak kita,” ujar Retno Hartono.

Camat Sungai Kakap, Junaidi, S.Sos., dalam sambutannya juga menyampaikan dukungannya terhadap upaya ini dan mengajak semua pihak untuk berperan aktif. “Mari kita bersama-sama bekerja sama dan berkontribusi dalam program ini, karena kesehatan anak-anak adalah masa depan kita,” katanya.

Baca Juga  Emak - Emak Geruduk Proyek Urugan Kp.Kiara Cangkudu, Sekjend FBB, : Satpol PP di Harapkan Segera Turun Tangan

Kegiatan loka karya ini juga menjadi ajang diskusi dan berbagi pengalaman antara berbagai pihak, dengan tujuan menyusun strategi dan langkah konkret yang dapat diimplementasikan di lapangan untuk menurunkan angka stunting. Diharapkan, melalui kegiatan ini, terbentuk komitmen bersama dari semua pihak untuk terus bekerja sama dan berinovasi dalam menghadapi masalah stunting, serta menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di wilayah kerja Puskesmas Punggur.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut, Camat Sungai Kakap Junaidi, S.Sos., kepada awak media menjelaskan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak termasuk Kepala Desa Punggur Besar dan Punggur Kapuas, kader-kader Posyandu, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten.Beberapa isu penting dibahas dalam loka karya ini, termasuk langkah-langkah progresif yang diambil Puskesmas dalam penanganan stunting.”Jelasnya.

Baca Juga  Sukses Gelar MTQ Ke-54, Pemerintahan Kecamatan Solear Berhasil Raih Juara Umum

Langkah-langkah konkret yang diimplementasikan di setiap RT sudah dijadwalkan oleh Kepala Puskesmas, tidak hanya di Puskesmas Punggur tetapi juga di empat puskesmas lainnya.”Ujarnya.

“Tujuannya adalah mempercepat penyerapan program sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dengan target nasional mencapai 14% pada tahun 2024. Dukungan dari seluruh stakeholder, termasuk kepala desa dan kepala dusun, sangat diperlukan untuk mencapai target tersebut.”Terangnya.

“Dengan berakhirnya kegiatan ini, semua pihak diharapkan dapat mendukung dan berkontribusi dalam mewujudkan program-program inovatif yang telah diinisiasi, demi tercapainya tujuan bersama dalam menurunkan angka stunting di wilayah kerja Puskesmas Punggur.” Pungkasnya (Tim.Liputan.Is/Defri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *