HUT Ke-24, Pangkalan PSDKP Pontianak Melaksanakan Kegiatan Bulanan Bakti Kelautan dan Perikanan 2023

Daerah163 Dilihat

SINARMETRO.COM | Kab Kubu Raya – Dalam rangka bulan bakti kelautan dan perikanan, Pangkalan PSDKP melakukan serangkaian kegiatan diantaranya pembagian ikan, pemusnahan alat tangkap di larang, pemusnahan ikan invasif, donor darah, pelayanan kesehatan untuk masyarakat, Open ship dan Joy Sailing dan PSDKP mengajar kegiatan ini dilakukan menyambut ulang tahun kementerian kelautan ke 24 yang jatuh pada tanggal 26 Oktober 2023 ini.

Kegiatan Donor Darah, Pelayanan Kesehatan, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pontianak dengan peserta 75 (tujuh puluh lima) orang peserta dari pegawai Pangkalan PSDKP Pontianak, Kejati Kalbar, Lantamal XII Pontianak, Dit Polair Polda Kalbar, DKP Prov Kalbar, SKIPM Pontianak, Universitas Tanjungpura, Universitas OSO, BPSPL Pontianak dan 50 orang Nelayan, warga di sekitar TPI sungai Rengas.

Dan untuk kegiatan Open ship dan Joy Sailing dilaksanakan 2 (dua) hari berturut turut dimulai pada tanggal 23 hingga 24 Oktober 2023, bertempat di Dermaga Pangkalan PSDKP Pontianak, selanjutnya dilakukan joy sailing disekitar Sungai Kapuas menggunakan armada KP. Hiu Macan 01, KP. Hiu 11, SP. NAPOLEON 037 dan Sea Rider.

Baca Juga  Ketua DPW Lembaga Anti Korupsi Indonesia Siap Pemantauan Pemilu 2024

Dihari pertama peminat Open ship dan Joy sebanyak 190 orang yang hadir terdiri dari Universitas Tanjungpura, Politeknik Negeri Pontianak dan Universitas OSO, sedangkan di hari kedua sebanyak 131 orang terdiri dari siswa SD IT Kubu Raya, SMPS Singkawang dan Sekolah Alam Pontianak serta Universitas Muhammadiyah Pontianak

Untuk kegiatan PSDKP Pontianak mengajar Dihadiri 200 (Dua Ratus) siswa dan siswi, Kepala Sekolah dan Guru SMK Negeri 1 Mempawah Timur, Desa Antibar, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah. PSDKP Pontianak Gelar Kegiatan Mengajar dimana dilaksanakan oleh Pengawas Perikanan, Polsus PWP3K, ABK Kapal Pengawas serta PPNPN Pangkalan PSDKP Pontianak, Kegiatan tersebut juga berkenaan dengan Bulan Bakti Kementerian Kelautan Dan Perikanan dalam Rangka Hari Ulang Tahun KKP RI ke – 24. Selasa (24/10/2023).

Baca Juga  Siap Menuju WBK, Lapas Pemuda Langkat Tunjukkan Semangat Kepada Tim Penilai Pada Desk Evaluasi WBK

Adapun pokok Materi yang disampaikan terkait Pengenalan Tugas dan Fungsi Ditjen PSDKP, Susunan Organisasi Ditjen PSDKP, Pengenalan Pangkalan PSDKP Pontianak dari mulai SDM dan Kewenangannya, SARANA dan PRASARANA serta Program Prioritas KKP meliputi Kebijakan Ekonomi Biru yang mencakup Perluasan Kawasan Konservasi Laut, Penangkapan Ikan Terukur Berbasis Kuota, Pembangunan Perikanan Budidaya Ramah Lingkungan, Pengelolaan dan Pengawasan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil secara Berkelanjutan serta Penanganan Sampah Plastik di Laut.

Dalam rangkaian acara adapun pokok materi disampaikan langsung oleh Komandan Pangkalan PSDKP Pontianak Bapak Abdul Quddus, S.St. Pi., M.Pi., menggunakan metode yang sangat informatif dan mudah dimengerti oleh Pelajar, karena disajikan dalam bentuk Power Point dan video serta ditampilkan petugas-petugas dengan seragam dan kewenangannya masing-masing, sehingga pada saat penyampaian para siswa dan Guru sangat antusias dalam menyimak setiap materi yang disampaikan dilihat dari respon yang diberikan.

Baca Juga  Keren.. BPRS Amanah Bangsa Raih Penghargaan Predikat Exelance Finansial Performance Bank In 2022

Selain itu diberikan juga materi tambahan bagi Siswa untuk melatih dan meningkatkan Kemampuan fokus melalui permainan Hipnosys, sehingga diharapkan akan meningkatkan semangat belajar dari siswa SMK N 1 Mempawah Timur.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pemberian doorprize bagi siswa peserta yang aktif bertanya dan Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Sebelumnya Pangkalan PSDKP Pontianak juga melaksanakan Pembagian ikan konsumsi dalam rangka mendukung GEMARIKAN dengan Binaan Pangkalan PSDKP diantaranya Panti asuhan, Panti Jompo, Panti Sosial, Kelompok Nelayan, Pondok Pesantren dengan jumlah ikan yang dibagi sebanyak 3.060 KG total keseluruhan pada 17 Oktober 2023 Minggu kemarin.(Tim.Liputan.Is/Defri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *